Burung Pleci Kuning: Si Kecil Ceria Dengan Suara Merdu

Burung Pleci Kuning: Si Kecil Ceria dengan Suara Merdu

Burung pleci kuning (Chloropsis cochinchinensis) adalah salah satu burung kicau yang populer di kalangan penggemar burung. Burung ini memiliki warna bulu yang cerah dan suara kicau yang merdu. Selain itu, pleci kuning juga dikenal sebagai burung yang mudah dirawat dan jinak.

Ciri-ciri Burung Pleci Kuning

Burung pleci kuning memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 15-18 cm. Bulu-bulunya berwarna kuning cerah, dengan bagian kepala dan dada yang berwarna hijau zaitun. Paruhnya berwarna hitam, dan kakinya berwarna abu-abu.

Burung pleci kuning jantan dan betina memiliki perbedaan warna bulu. Pleci kuning jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan mencolok dibandingkan dengan pleci kuning betina. Pleci kuning betina memiliki warna bulu yang lebih kusam dan kecoklatan.

Habitat Burung Pleci Kuning

Burung pleci kuning dapat ditemukan di hutan-hutan tropis dan subtropis di Asia Tenggara. Burung ini biasanya hidup di pohon-pohon tinggi dan memakan buah-buahan, biji-bijian, dan serangga.

Perilaku Burung Pleci Kuning

Burung pleci kuning adalah burung yang aktif dan lincah. Burung ini senang terbang dan bernyanyi di antara pepohonan. Pleci kuning juga dikenal sebagai burung yang jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Suara Kicau Burung Pleci Kuning

Burung pleci kuning memiliki suara kicau yang merdu dan bervariasi. Burung ini dapat menirukan suara burung lain dan bahkan suara manusia. Pleci kuning juga dikenal sebagai burung yang pandai berkicau, sehingga banyak penggemar burung yang memeliharanya sebagai burung kicauan.

Perawatan Burung Pleci Kuning

Burung pleci kuning adalah burung yang mudah dirawat. Burung ini dapat diberi makan dengan voer, biji-bijian, dan buah-buahan. Pleci kuning juga membutuhkan kandang yang cukup luas agar dapat terbang dan bergerak dengan bebas.

Penangkaran Burung Pleci Kuning

Burung pleci kuning dapat dikembangbiakkan di penangkaran. Namun, penangkaran burung pleci kuning tidak mudah karena burung ini membutuhkan lingkungan yang khusus dan perawatan yang intensif.

Harga Burung Pleci Kuning

Harga burung pleci kuning bervariasi tergantung pada jenis, usia, dan kualitas burung tersebut. Pleci kuning yang berkualitas baik dan memiliki suara kicau yang merdu dapat dijual dengan harga yang tinggi.

Kesimpulan

Burung pleci kuning adalah burung kicau yang populer di kalangan penggemar burung. Burung ini memiliki warna bulu yang cerah dan suara kicau yang merdu. Selain itu, pleci kuning juga dikenal sebagai burung yang mudah dirawat dan jinak.