Burung Pleci: Harga, Jenis, Dan Cara Merawatnya

Burung Pleci: Harga, Jenis, dan Cara Merawatnya

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini dikenal dengan suara kicauannya yang merdu dan bervariasi. Selain itu, burung pleci juga memiliki penampilan yang menarik dengan bulu-bulu berwarna cerah.

Harga Burung Pleci

Harga burung pleci di pasaran bervariasi, tergantung pada jenis, usia, dan kualitas kicauannya. Secara umum, harga burung pleci berkisar antara Rp100.000 hingga Rp1.000.000.

  • Burung pleci bakalan (anakan) biasanya dijual dengan harga yang lebih murah, sekitar Rp100.000 hingga Rp200.000.
  • Burung pleci muda (dewasa) yang sudah mulai berkicau dijual dengan harga yang lebih mahal, sekitar Rp300.000 hingga Rp500.000.
  • Burung pleci dewasa yang sudah mapan dan memiliki kualitas kicauan yang baik dapat dijual dengan harga yang sangat tinggi, hingga mencapai Rp1.000.000 atau lebih.

Jenis-Jenis Burung Pleci

Ada beberapa jenis burung pleci yang populer di Indonesia, antara lain:

  • Pleci siam (Zosterops palpebrosus): Jenis pleci ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan bulu-bulu berwarna hijau zaitun. Pleci siam dikenal dengan suara kicauannya yang merdu dan bervariasi.
  • Pleci gunung (Zosterops montanus): Jenis pleci ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pleci siam dan bulu-bulu berwarna hijau tua. Pleci gunung dikenal dengan suara kicauannya yang keras dan lantang.
  • Pleci Jawa (Zosterops javanicus): Jenis pleci ini memiliki ukuran tubuh yang sedang dan bulu-bulu berwarna hijau kekuningan. Pleci Jawa dikenal dengan suara kicauannya yang lembut dan merdu.
  • Pleci Sumba (Zosterops sumbavensis): Jenis pleci ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan bulu-bulu berwarna hijau zaitun. Pleci Sumba dikenal dengan suara kicauannya yang merdu dan bervariasi.

Cara Merawat Burung Pleci

Merawat burung pleci tidaklah sulit. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat burung pleci agar tetap sehat dan bugar:

  • Berikan kandang yang bersih dan nyaman. Kandang burung pleci harus dibersihkan secara rutin untuk mencegah penyakit. Kandang juga harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum yang bersih.
  • Berikan makanan yang bergizi. Makanan burung pleci harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup. Makanan burung pleci dapat berupa voer, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.
  • Berikan air minum yang bersih. Air minum burung pleci harus diganti setiap hari untuk menjaga kebersihannya.
  • Mandikan burung pleci secara teratur. Burung pleci harus dimandikan secara teratur untuk menjaga kebersihan bulunya. Mandi juga dapat membantu burung pleci untuk mengurangi stres.
  • Jemur burung pleci di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi baik untuk kesehatan burung pleci. Jemur burung pleci selama sekitar 15-30 menit setiap pagi.
  • Berikan vitamin dan mineral tambahan. Vitamin dan mineral tambahan dapat membantu burung pleci untuk tetap sehat dan bugar. Vitamin dan mineral tambahan dapat diberikan melalui air minum atau makanan burung pleci.

Penutup

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini dikenal dengan suara kicauannya yang merdu dan bervariasi. Selain itu, burung pleci juga memiliki penampilan yang menarik dengan bulu-bulu berwarna cerah. Merawat burung pleci tidaklah sulit. Dengan perawatan yang tepat, burung pleci dapat hidup sehat dan bugar hingga bertahun-tahun.