Burung Pleci Flavus: Pesona Si Burung Kecil Bersuara Merdu

Burung Pleci Flavus: Pesona si Burung Kecil Bersuara Merdu

Di antara beragam jenis burung kicau yang memikat hati para pecinta burung, burung pleci flavus (Pachycephala flavifrons) menjadi salah satu primadona. Burung mungil ini memiliki pesona tersendiri dengan suara kicauannya yang merdu dan penampilannya yang cantik.

Ciri-ciri Burung Pleci Flavus

Burung pleci flavus memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 15-18 sentimeter. Bulunya didominasi warna hijau zaitun, dengan bagian dada dan perut berwarna kuning cerah. Kepala burung ini berwarna hitam dengan garis-garis kuning di atas matanya. Paruhnya berwarna hitam, sedangkan kakinya berwarna abu-abu.

Habitat dan Persebaran

Burung pleci flavus dapat ditemukan di berbagai wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Mereka biasanya menghuni hutan hujan tropis dan subtropis, serta hutan sekunder. Burung ini juga dapat ditemukan di taman-taman dan kebun-kebun di daerah perkotaan.

Perilaku dan Kebiasaan

Burung pleci flavus adalah burung yang aktif dan lincah. Mereka biasanya bergerak di antara pepohonan dan semak-semak, mencari makan berupa serangga, buah-buahan, dan biji-bijian. Burung ini juga dikenal sebagai burung yang sangat vokal, dengan suara kicauan yang merdu dan bervariasi.

Reproduksi

Burung pleci flavus biasanya berkembang biak pada musim hujan. Mereka membangun sarang berbentuk cangkir dari ranting-ranting dan daun-daunan di antara pepohonan. Burung betina akan bertelur sebanyak 2-4 butir, dan dierami oleh kedua induknya secara bergantian. Telur-telur tersebut akan menetas setelah sekitar 12-14 hari.

Pemeliharaan Burung Pleci Flavus

Burung pleci flavus dapat dipelihara sebagai burung kicau di rumah. Namun, perlu diperhatikan bahwa burung ini membutuhkan perawatan yang khusus agar tetap sehat dan bugar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan burung pleci flavus antara lain:

  • Kandang: Burung pleci flavus membutuhkan kandang yang cukup luas agar dapat bergerak bebas. Kandang harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan dan minum, serta bak mandi.
  • Makanan: Burung pleci flavus dapat diberi makan berupa serangga, buah-buahan, dan biji-bijian. Makanan harus diberikan secara teratur dan dalam jumlah yang cukup.
  • Air: Burung pleci flavus membutuhkan air bersih untuk minum dan mandi. Air harus diganti secara rutin agar tetap bersih dan segar.
  • Kebersihan: Kandang burung pleci flavus harus dibersihkan secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung. Kotoran burung harus dibuang setiap hari, dan kandang harus dicuci seminggu sekali.
  • Penjemuran: Burung pleci flavus membutuhkan sinar matahari untuk menjaga kesehatan bulunya. Burung ini sebaiknya dijemur selama sekitar 1-2 jam setiap hari.

Manfaat Memelihara Burung Pleci Flavus

Memelihara burung pleci flavus dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain:

  • Menyegarkan suasana rumah: Suara kicauan burung pleci flavus yang merdu dapat menyegarkan suasana rumah dan membuat penghuninya merasa lebih rileks.
  • Menambah keindahan rumah: Burung pleci flavus memiliki penampilan yang cantik dan menarik. Memelihara burung ini dapat menambah keindahan rumah dan menjadi daya tarik tersendiri.
  • Sebagai teman: Burung pleci flavus dapat menjadi teman yang menyenangkan bagi pemiliknya. Burung ini dapat diajarkan untuk jinak dan berinteraksi dengan manusia.

Harga Burung Pleci Flavus

Harga burung pleci flavus bervariasi tergantung pada usia, kualitas suara, dan kondisi burung. Harga burung pleci flavus anakan biasanya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp200.000. Sedangkan harga burung pleci flavus dewasa yang sudah jinak dan memiliki suara kicauan yang bagus dapat mencapai jutaan rupiah.

Kesimpulan

Burung pleci flavus merupakan burung kicau yang cantik dan merdu. Burung ini dapat dipelihara sebagai burung kicau di rumah dan memberikan berbagai manfaat bagi pemiliknya. Namun, perlu diperhatikan bahwa burung ini membutuhkan perawatan yang khusus agar tetap sehat dan bugar.