Burung Pleci Dakun: Si Kecil Yang Menawan Dengan Suara Merdu

Burung Pleci Dakun: Si Kecil yang Menawan dengan Suara Merdu

Burung pleci dakun (Zosterops chloris) adalah salah satu spesies burung pengicau kecil yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Burung ini dikenal dengan penampilannya yang menarik dan suara merdunya, sehingga menjadi salah satu burung yang populer di kalangan penggemar burung kicau.

Ciri-ciri Fisik

Burung pleci dakun memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 10-12 cm. Bulunya berwarna hijau zaitun di bagian atas dan kuning cerah di bagian bawah. Kepala burung ini berwarna hitam dengan garis putih di atas mata dan garis hitam di bawah mata. Paruhnya berwarna hitam dan kakinya berwarna abu-abu.

Habitat dan Persebaran

Burung pleci dakun biasanya ditemukan di hutan-hutan sekunder, kebun, dan taman-taman. Burung ini tersebar luas di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Di Indonesia, burung pleci dakun dapat ditemukan di pulau-pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Makanan

Burung pleci dakun merupakan burung pemakan serangga. Burung ini memakan berbagai jenis serangga kecil, seperti lalat, nyamuk, dan semut. Selain itu, burung pleci dakun juga memakan buah-buahan dan nektar bunga.

Perilaku dan Reproduksi

Burung pleci dakun biasanya hidup berkelompok kecil, dengan jumlah anggota sekitar 5-10 ekor. Burung ini aktif bergerak di antara pepohonan dan semak-semak untuk mencari makanan. Musim kawin burung pleci dakun terjadi pada bulan Maret hingga Agustus. Burung ini membangun sarang berbentuk cangkir dari rumput dan ranting-ranting kecil di antara dedaunan pohon. Setiap sarang biasanya berisi 2-3 butir telur yang dierami oleh induk betina selama sekitar 12 hari.

Suara Merdu dan Pemeliharaan

Burung pleci dakun dikenal dengan suara merdunya yang nyaring dan bernada tinggi. Burung ini sering berkicau di pagi dan sore hari. Suara kicau burung pleci dakun sangat disukai oleh banyak orang, sehingga burung ini menjadi salah satu burung yang populer di kalangan penggemar burung kicau.

Pemeliharaan burung pleci dakun relatif mudah. Burung ini dapat dipelihara dalam sangkar atau kandang aviary. Sangkar burung pleci dakun harus cukup besar agar burung dapat bergerak dengan bebas. Burung ini juga harus diberi makan secara teratur dengan voer, serangga kecil, dan buah-buahan. Selain itu, burung pleci dakun harus dimandikan secara teratur untuk menjaga kebersihan bulunya.

Ancaman dan Konservasi

Burung pleci dakun saat ini menghadapi beberapa ancaman, seperti hilangnya habitat akibat penggundulan hutan dan perdagangan ilegal. Burung ini juga sering ditangkap untuk dijadikan burung peliharaan. Untuk melindungi burung pleci dakun, perlu dilakukan upaya konservasi seperti menjaga habitatnya, melarang perdagangan ilegal, dan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga burung ini.

Kesimpulan

Burung pleci dakun adalah burung pengicau kecil yang menawan dengan suara merdu. Burung ini tersebar luas di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pemeliharaan burung pleci dakun relatif mudah, namun burung ini menghadapi beberapa ancaman seperti hilangnya habitat dan perdagangan ilegal. Untuk melindungi burung pleci dakun, perlu dilakukan upaya konservasi seperti menjaga habitatnya, melarang perdagangan ilegal, dan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga burung ini.