Burung Pleci Dakun Garut Gacor: Pesona Yang Menawan Dan Kicauan Yang Merdu

Burung Pleci Dakun Garut Gacor: Pesona yang Menawan dan Kicauan yang Merdu

Burung pleci dakun garut merupakan salah satu jenis burung pleci yang sangat populer di kalangan pecinta burung kicau. Burung ini memiliki ciri khas berupa warna bulu yang didominasi oleh warna hijau tua dan kuning cerah. Selain itu, burung pleci dakun garut juga dikenal dengan kicauannya yang merdu dan bervariasi.

Ciri-ciri Burung Pleci Dakun Garut

Burung pleci dakun garut memiliki ciri-ciri fisik yang khas, antara lain:

  • Warna bulu: Burung pleci dakun garut memiliki warna bulu yang didominasi oleh warna hijau tua dan kuning cerah. Bagian kepala, leher, dan dada berwarna hijau tua, sedangkan bagian punggung, sayap, dan ekor berwarna kuning cerah.
  • Ukuran tubuh: Burung pleci dakun garut memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, dengan panjang sekitar 12-15 cm.
  • Paruh: Burung pleci dakun garut memiliki paruh yang pendek dan kuat, dengan warna hitam atau abu-abu.
  • Mata: Burung pleci dakun garut memiliki mata yang besar dan bulat, dengan warna hitam atau coklat tua.
  • Kaki: Burung pleci dakun garut memiliki kaki yang ramping dan kuat, dengan warna hitam atau abu-abu.

Habitat Burung Pleci Dakun Garut

Burung pleci dakun garut merupakan burung yang hidup di daerah hutan tropis dan subtropis. Burung ini dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Makanan Burung Pleci Dakun Garut

Burung pleci dakun garut merupakan burung pemakan serangga. Burung ini memakan berbagai jenis serangga, seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, dan belalang. Selain itu, burung pleci dakun garut juga dapat diberi makan buah-buahan, seperti pisang, pepaya, dan apel.

Perawatan Burung Pleci Dakun Garut

Perawatan burung pleci dakun garut tidaklah sulit. Burung ini dapat dipelihara dalam sangkar yang berukuran sedang, dengan panjang sekitar 40 cm dan lebar sekitar 30 cm. Sangkar harus dilengkapi dengan tempat makan, tempat minum, dan tempat bertengger.

Burung pleci dakun garut harus diberi makan secara teratur, yaitu 2-3 kali sehari. Makanan yang diberikan harus bervariasi, agar burung tidak bosan. Selain itu, burung pleci dakun garut juga harus diberi air minum yang bersih dan segar setiap hari.

Burung pleci dakun garut harus dimandikan secara teratur, yaitu 1-2 kali seminggu. Mandi dapat membantu menjaga kebersihan bulu burung dan mencegah timbulnya penyakit.

Kicauan Burung Pleci Dakun Garut

Burung pleci dakun garut dikenal dengan kicauannya yang merdu dan bervariasi. Kicauan burung ini dapat terdengar sepanjang hari, terutama pada pagi dan sore hari. Kicauan burung pleci dakun garut dapat membuat suasana menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

Harga Burung Pleci Dakun Garut

Harga burung pleci dakun garut bervariasi, tergantung pada kualitas burung dan daerah tempat tinggal. Harga burung pleci dakun garut yang berkualitas baik dapat mencapai jutaan rupiah.

Kesimpulan

Burung pleci dakun garut merupakan burung yang sangat populer di kalangan pecinta burung kicau. Burung ini memiliki ciri khas berupa warna bulu yang didominasi oleh warna hijau tua dan kuning cerah, serta kicauan yang merdu dan bervariasi. Perawatan burung pleci dakun garut tidaklah sulit, sehingga burung ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para pemula yang ingin memelihara burung kicau.