Burung Pleci Buxton: Pesona Burung Kecil Dengan Suara Merdu

Burung Pleci Buxton: Pesona Burung Kecil dengan Suara Merdu

Burung pleci buxtoni (Pycnonotus aurigaster buxtoni) merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki suara merdu dan penampilan yang menarik, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya.

Ciri-ciri Burung Pleci Buxton

Burung pleci buxtoni memiliki ciri-ciri fisik yang khas. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri burung pleci buxtoni:

  • Ukuran tubuh: Burung pleci buxtoni memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 15-18 cm.
  • Warna bulu: Burung pleci buxtoni memiliki warna bulu yang didominasi oleh warna hijau zaitun. Bagian kepala, leher, dan dada berwarna hitam. Sedangkan bagian perut berwarna kuning.
  • Paruh: Burung pleci buxtoni memiliki paruh yang pendek dan kuat. Warna paruh burung ini hitam.
  • Kaki: Burung pleci buxtoni memiliki kaki yang ramping dan kuat. Warna kaki burung ini hitam.
  • Ekor: Burung pleci buxtoni memiliki ekor yang panjang dan berumbai. Warna ekor burung ini hitam.

Habitat Burung Pleci Buxton

Burung pleci buxtoni dapat ditemukan di berbagai jenis habitat, seperti hutan hujan tropis, hutan sekunder, dan perkebunan. Burung ini biasanya hidup di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Makanan Burung Pleci Buxton

Burung pleci buxtoni merupakan burung omnivora, yang berarti burung ini memakan berbagai jenis makanan, baik hewani maupun nabati. Makanan utama burung pleci buxtoni adalah buah-buahan, biji-bijian, dan serangga.

Perilaku Burung Pleci Buxton

Burung pleci buxtoni merupakan burung yang aktif dan lincah. Burung ini biasanya hidup berkelompok kecil. Burung pleci buxtoni memiliki suara yang merdu dan nyaring. Burung ini biasanya berkicau pada pagi dan sore hari.

Penangkaran Burung Pleci Buxton

Burung pleci buxtoni dapat dipelihara di penangkaran. Namun, burung ini membutuhkan perawatan yang khusus. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memelihara burung pleci buxtoni di penangkaran:

  • Sediakan kandang yang luas dan nyaman. Kandang burung pleci buxtoni harus memiliki ukuran yang cukup luas agar burung ini dapat bergerak dengan bebas. Kandang burung pleci buxtoni juga harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum.
  • Berikan makanan yang berkualitas. Burung pleci buxtoni membutuhkan makanan yang berkualitas tinggi agar tetap sehat dan bugar. Makanan burung pleci buxtoni harus mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang cukup.
  • Jaga kebersihan kandang. Kandang burung pleci buxtoni harus selalu dijaga kebersihannya. Kandang burung pleci buxtoni harus dibersihkan secara rutin untuk mencegah penyebaran penyakit.
  • Berikan perawatan kesehatan yang baik. Burung pleci buxtoni harus diberikan perawatan kesehatan yang baik agar tetap sehat dan bugar. Burung pleci buxtoni harus dibawa ke dokter hewan secara berkala untuk pemeriksaan kesehatan.

Harga Burung Pleci Buxton

Harga burung pleci buxtoni bervariasi tergantung pada jenis, usia, dan kualitas burung tersebut. Harga burung pleci buxtoni dapat berkisar antara Rp100.000 hingga Rp1.000.000.

Kesimpulan

Burung pleci buxtoni merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki suara merdu dan penampilan yang menarik, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya. Jika Anda tertarik untuk memelihara burung pleci buxtoni, pastikan Anda menyediakan kandang yang luas dan nyaman, memberikan makanan yang berkualitas, menjaga kebersihan kandang, dan memberikan perawatan kesehatan yang baik.