Burung Pleci Buxtoni Jantan Dan Betina: Mengenal Ciri-ciri Dan Perbedaannya

Burung Pleci Buxtoni Jantan dan Betina: Mengenal Ciri-ciri dan Perbedaannya

Burung pleci buxtoni merupakan salah satu jenis burung pleci yang cukup populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik. Pleci buxtoni jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan yang dapat dikenali.

Ciri-ciri Burung Pleci Buxtoni Jantan

  1. Warna Bulu

Burung pleci buxtoni jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan kontras dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina. Warna bulu burung pleci buxtoni jantan didominasi oleh warna hijau zaitun dengan garis-garis hitam di bagian punggung. Bagian dada dan perutnya berwarna kuning cerah dengan garis-garis hitam. Sedangkan burung pleci buxtoni betina memiliki warna bulu yang lebih kusam dan tidak kontras. Warna bulu burung pleci buxtoni betina didominasi oleh warna hijau zaitun dengan garis-garis hitam yang lebih tipis. Bagian dada dan perutnya berwarna kuning pucat dengan garis-garis hitam.

  1. Ukuran Tubuh

Burung pleci buxtoni jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina. Panjang tubuh burung pleci buxtoni jantan sekitar 12-14 cm, sedangkan panjang tubuh burung pleci buxtoni betina sekitar 10-12 cm.

  1. Bentuk Kepala

Burung pleci buxtoni jantan memiliki bentuk kepala yang lebih bulat dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina. Kepala burung pleci buxtoni jantan juga lebih besar dan lebih tinggi dibandingkan dengan kepala burung pleci buxtoni betina.

  1. Paruh

Burung pleci buxtoni jantan memiliki paruh yang lebih panjang dan lebih tebal dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina. Paruh burung pleci buxtoni jantan berwarna hitam, sedangkan paruh burung pleci buxtoni betina berwarna coklat tua.

  1. Kaki

Burung pleci buxtoni jantan memiliki kaki yang lebih panjang dan lebih kuat dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina. Kaki burung pleci buxtoni jantan berwarna hitam, sedangkan kaki burung pleci buxtoni betina berwarna coklat tua.

  1. Suara

Burung pleci buxtoni jantan memiliki suara yang lebih merdu dan lebih bervariasi dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina. Burung pleci buxtoni jantan dapat berkicau dengan berbagai macam nada dan irama. Sedangkan burung pleci buxtoni betina hanya dapat berkicau dengan nada dan irama yang terbatas.

Perbedaan Perilaku Burung Pleci Buxtoni Jantan dan Betina

Selain perbedaan fisik, burung pleci buxtoni jantan dan betina juga memiliki perbedaan perilaku. Burung pleci buxtoni jantan lebih aktif dan lebih agresif dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina. Burung pleci buxtoni jantan juga lebih sering berkicau dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina.

Burung pleci buxtoni jantan biasanya akan mulai berkicau pada usia sekitar 6-8 bulan. Sedangkan burung pleci buxtoni betina biasanya akan mulai berkicau pada usia sekitar 10-12 bulan.

Burung pleci buxtoni jantan dan betina sama-sama memiliki sifat yang jinak dan mudah dijinakkan. Burung ini dapat menjadi teman yang baik bagi pemiliknya.

Cara Membedakan Burung Pleci Buxtoni Jantan dan Betina

Untuk membedakan burung pleci buxtoni jantan dan betina, Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Warna Bulu

Burung pleci buxtoni jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan kontras dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina.

  1. Ukuran Tubuh

Burung pleci buxtoni jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina.

  1. Bentuk Kepala

Burung pleci buxtoni jantan memiliki bentuk kepala yang lebih bulat dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina.

  1. Paruh

Burung pleci buxtoni jantan memiliki paruh yang lebih panjang dan lebih tebal dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina.

  1. Kaki

Burung pleci buxtoni jantan memiliki kaki yang lebih panjang dan lebih kuat dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina.

  1. Suara

Burung pleci buxtoni jantan memiliki suara yang lebih merdu dan lebih bervariasi dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina.

  1. Perilaku

Burung pleci buxtoni jantan lebih aktif dan lebih agresif dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina. Burung pleci buxtoni jantan juga lebih sering berkicau dibandingkan dengan burung pleci buxtoni betina.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, Anda dapat dengan mudah membedakan burung pleci buxtoni jantan dan betina.