Burung Pleci Bustomi Gacor: Tips Merawat Dan Melatihnya

Burung Pleci Bustomi Gacor: Tips Merawat dan Melatihnya

Burung pleci bustomi merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini dikenal dengan suara kicauannya yang merdu dan bervariasi. Selain itu, burung pleci bustomi juga memiliki penampilan yang cantik dengan bulu-bulu berwarna cerah.

Jika Anda tertarik untuk memelihara burung pleci bustomi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang cara merawat dan melatihnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

1. Pemilihan Sangkar

Sangkar yang tepat untuk burung pleci bustomi adalah sangkar yang berukuran sedang, dengan panjang sekitar 40 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 40 cm. Sangkar harus terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh, seperti besi atau kayu. Pastikan juga sangkar memiliki pintu yang cukup besar untuk memudahkan Anda dalam membersihkannya.

2. Penempatan Sangkar

Tempatkan sangkar burung pleci bustomi di tempat yang tenang dan jauh dari jangkauan hewan peliharaan lainnya. Hindari menempatkan sangkar di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau angin kencang.

3. Pemberian Makan

Burung pleci bustomi membutuhkan makanan yang kaya akan protein dan nutrisi. Anda dapat memberikannya voer khusus untuk burung pleci, atau membuatnya sendiri dengan mencampurkan beras merah, jagung, dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga dapat memberikan burung pleci bustomi buah-buahan dan sayuran segar, seperti apel, pisang, dan kangkung.

4. Pemberian Minum

Ganti air minum burung pleci bustomi setiap hari. Pastikan air minumnya selalu bersih dan segar. Anda dapat menambahkan sedikit madu atau gula merah ke dalam air minumnya untuk menambah energi.

5. Pemeliharaan Kebersihan

Jaga kebersihan sangkar burung pleci bustomi dengan membersihkannya secara rutin. Buang kotoran burung dan sisa-sisa makanan yang ada di dalam sangkar. Anda juga dapat memandikan burung pleci bustomi seminggu sekali untuk menjaga kebersihan bulunya.

6. Pelatihan Kicauan

Untuk melatih burung pleci bustomi agar gacor, Anda dapat memutar suara kicauan burung pleci jantan yang sudah gacor. Putar suara kicauan tersebut setiap hari selama beberapa jam. Anda juga dapat mencoba memancing burung pleci bustomi untuk berkicau dengan cara bersiul atau menirukan suara kicauannya.

7. Pemberian Vitamin dan Mineral

Untuk menjaga kesehatan burung pleci bustomi, Anda dapat memberikannya vitamin dan mineral tambahan. Anda dapat membeli vitamin dan mineral khusus untuk burung pleci di toko-toko hewan peliharaan.

8. Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Bawa burung pleci bustomi Anda ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan rutin. Dokter hewan akan memeriksa kondisi kesehatan burung pleci bustomi Anda dan memberikan perawatan yang diperlukan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merawat dan melatih burung pleci bustomi agar gacor dan sehat.