Merpati Hias Warna Putih: Simbol Perdamaian Dan Keanggunan

Merpati Hias Warna Putih: Simbol Perdamaian dan Keanggunan

Merpati hias warna putih adalah salah satu jenis burung merpati yang paling populer di dunia. Burung ini dikenal karena keindahannya, keanggunannya, dan sifatnya yang jinak. Merpati hias warna putih juga sering digunakan sebagai simbol perdamaian dan cinta.

Asal Usul Merpati Hias Warna Putih

Merpati hias warna putih berasal dari Timur Tengah. Burung ini pertama kali dipelihara oleh manusia sekitar 5.000 tahun yang lalu. Merpati hias warna putih kemudian menyebar ke seluruh dunia, dan saat ini dapat ditemukan di hampir semua negara.

Ciri-Ciri Merpati Hias Warna Putih

Merpati hias warna putih memiliki tubuh yang ramping dan anggun. Panjang tubuhnya sekitar 30-35 cm, dengan berat badan sekitar 250-300 gram. Bulu merpati hias warna putih berwarna putih bersih, dengan sedikit corak hitam atau abu-abu di bagian sayap dan ekor.

Merpati hias warna putih memiliki mata berwarna hitam atau merah. Paruhnya berwarna hitam atau merah muda. Kaki merpati hias warna putih berwarna merah muda atau abu-abu.

Jenis-Jenis Merpati Hias Warna Putih

Ada beberapa jenis merpati hias warna putih yang populer, di antaranya:

  • King Pigeon: Merpati hias jenis ini memiliki tubuh yang besar dan gagah. King Pigeon dikenal karena kemampuan terbangnya yang tinggi dan lama.
  • Runt Pigeon: Merpati hias jenis ini memiliki tubuh yang besar dan gemuk. Runt Pigeon dikenal karena sifatnya yang jinak dan mudah dipelihara.
  • Fantail Pigeon: Merpati hias jenis ini memiliki ekor yang panjang dan mengembang. Fantail Pigeon dikenal karena keindahan ekornya yang menyerupai kipas.
  • Jacobin Pigeon: Merpati hias jenis ini memiliki jambul yang panjang dan lebat. Jacobin Pigeon dikenal karena keindahan jambulnya yang menyerupai mahkota.

Perawatan Merpati Hias Warna Putih

Merpati hias warna putih adalah burung yang mudah dipelihara. Burung ini dapat hidup di dalam kandang atau di luar kandang. Merpati hias warna putih membutuhkan makanan yang bergizi, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran. Burung ini juga membutuhkan air minum yang bersih dan segar.

Merpati hias warna putih harus dimandikan secara teratur. Mandi dapat membantu menjaga kebersihan bulu burung dan mencegah penyebaran penyakit. Merpati hias warna putih juga harus diberi vaksin secara berkala untuk mencegah penyakit.

Penangkaran Merpati Hias Warna Putih

Merpati hias warna putih dapat dikembangbiakkan dengan mudah. Burung ini dapat bertelur hingga 12 butir dalam satu kali bertelur. Telur merpati hias warna putih dierami oleh induknya selama sekitar 18 hari. Setelah menetas, anak merpati hias warna putih akan dirawat oleh induknya hingga berusia sekitar 6 minggu.

Manfaat Merpati Hias Warna Putih

Merpati hias warna putih memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Sebagai burung hias: Merpati hias warna putih dapat mempercantik rumah atau taman. Burung ini juga dapat digunakan sebagai hadiah untuk orang-orang terkasih.
  • Sebagai burung balap: Merpati hias warna putih sering digunakan dalam lomba balap merpati. Burung ini dikenal karena kemampuan terbangnya yang tinggi dan lama.
  • Sebagai burung pos: Merpati hias warna putih juga sering digunakan sebagai burung pos. Burung ini dapat terbang jauh dan membawa pesan.

Kesimpulan

Merpati hias warna putih adalah burung yang cantik, anggun, dan jinak. Burung ini mudah dipelihara dan memiliki beberapa manfaat. Merpati hias warna putih dapat menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan dan menghibur.