Burung Kenari Jabrik: Pesona Unik Dari Dunia Burung

Burung Kenari Jabrik: Pesona Unik dari Dunia Burung

Di dunia burung yang penuh warna dan kicauan merdu, terdapat spesies yang menonjol karena penampilannya yang unik dan suaranya yang khas, yaitu burung kenari jabrik. Burung kecil yang menawan ini telah memikat hati para penggemar burung selama berabad-abad, menjadikannya salah satu jenis kenari yang paling populer dan dicari.

Asal-Usul dan Sejarah

Burung kenari jabrik (Serinus canaria cristatus) adalah subspesies dari burung kenari liar yang berasal dari Kepulauan Canary di lepas pantai barat laut Afrika. Spesies ini pertama kali ditemukan oleh pelaut Eropa pada abad ke-15 dan dibawa ke Eropa sebagai hewan peliharaan. Sejak saat itu, kenari jabrik telah dibiakkan secara selektif untuk menghasilkan berbagai jenis dengan ciri fisik dan vokal yang berbeda.

Ciri Fisik

Ciri khas burung kenari jabrik adalah jambulnya yang mencolok, yang terdiri dari bulu-bulu panjang dan halus yang berdiri tegak di atas kepalanya. Jambul ini dapat bervariasi dalam ukuran dan bentuk, dari jambul kecil yang rapi hingga jambul yang lebih besar dan mencolok.

Selain jambulnya, kenari jabrik juga memiliki ciri fisik lainnya yang membedakannya dari subspesies kenari lainnya. Mereka memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih kuat, dengan panjang sekitar 12-14 cm. Bulunya biasanya berwarna kuning atau hijau zaitun, dengan garis-garis atau bintik-bintik coklat atau hitam.

Varietas

Selama berabad-abad pembiakan selektif, berbagai jenis kenari jabrik telah dikembangkan. Beberapa jenis yang paling populer meliputi:

  • Yorkshire: Kenari jabrik dengan jambul besar dan bulat yang menutupi seluruh kepala.
  • Norwich: Kenari jabrik dengan jambul berbentuk mahkota yang lebih kecil dan rapi.
  • Border: Kenari jabrik dengan jambul yang lebih kecil dan berbentuk segitiga.
  • Gloster: Kenari jabrik dengan jambul yang sangat kecil dan rapi, yang hanya menutupi bagian atas kepala.

Kicauan

Meskipun penampilannya yang unik, kicauan burung kenari jabrik juga merupakan salah satu daya tarik utamanya. Mereka dikenal karena kicauannya yang merdu dan bervariasi, yang dapat mencakup nada-nada yang tinggi, rendah, dan melengking. Kicauan mereka sering kali dikaitkan dengan suara gemericik air atau kicauan burung lain.

Perawatan

Merawat burung kenari jabrik relatif mudah dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Mereka membutuhkan kandang yang luas dengan banyak ruang untuk terbang dan bermain. Kandang harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, tempat minum, dan mainan.

Burung kenari jabrik adalah burung omnivora dan dapat diberi makan dengan berbagai jenis makanan, termasuk biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan serangga. Mereka juga membutuhkan akses ke air bersih setiap saat.

Pembiakan

Burung kenari jabrik dapat dibiakkan di penangkaran dengan relatif mudah. Musim kawin mereka biasanya terjadi pada musim semi. Betina akan bertelur sekitar 3-5 telur, yang akan dierami oleh kedua induknya selama sekitar 13 hari. Anak-anak burung akan meninggalkan sarang setelah sekitar 18-21 hari.

Kesimpulan

Burung kenari jabrik adalah burung yang menawan dan unik yang telah memikat hati para penggemar burung selama berabad-abad. Dengan jambulnya yang khas, kicauannya yang merdu, dan perawatannya yang relatif mudah, kenari jabrik adalah hewan peliharaan yang ideal bagi mereka yang mencari teman berbulu yang menawan dan menghibur.

Apakah Anda seorang pencinta burung yang berpengalaman atau baru mulai memelihara burung, burung kenari jabrik pasti akan menambah pesona dan kegembiraan di rumah Anda.