Burung Kenari Elang: Sang Maestro Vokal Yang Memikat

Burung Kenari Elang: Sang Maestro Vokal yang Memikat

Burung kenari elang, yang dikenal secara ilmiah sebagai Serinus canaria, adalah spesies burung penyanyi kecil yang berasal dari Kepulauan Canary, Madeira, dan Azores. Burung yang menawan ini telah memikat pecinta burung selama berabad-abad dengan nyanyiannya yang merdu dan penampilannya yang memikat.

Asal dan Sejarah

Burung kenari elang pertama kali ditemukan di Kepulauan Canary pada abad ke-15 oleh penjajah Spanyol. Burung-burung ini dengan cepat menjadi populer sebagai hewan peliharaan karena nyanyiannya yang indah, dan mereka segera diekspor ke seluruh Eropa. Pada abad ke-16, burung kenari elang menjadi sangat populer di Inggris, di mana mereka dibiakkan secara selektif untuk meningkatkan kualitas nyanyiannya.

Ciri Fisik

Burung kenari elang berukuran kecil, dengan panjang sekitar 10-13 cm. Mereka memiliki tubuh yang ramping dengan bulu berwarna kuning cerah atau hijau zaitun. Jantan biasanya memiliki warna yang lebih cerah daripada betina, dengan bulu kuning atau oranye yang mencolok. Burung kenari elang memiliki paruh yang pendek dan runcing, serta kaki yang panjang dan ramping.

Nyanyian yang Memikat

Burung kenari elang dikenal karena nyanyiannya yang merdu dan rumit. Nyanyian mereka terdiri dari serangkaian nada tinggi dan rendah yang berirama, sering kali dengan trill dan getaran. Nyanyian burung kenari elang jantan dapat bervariasi dalam panjang dan kompleksitas, dan mereka sering bersaing satu sama lain untuk mendapatkan perhatian betina.

Nyanyian burung kenari elang telah dipelajari secara ekstensif, dan telah ditemukan bahwa mereka memiliki memori yang sangat baik untuk lagu. Mereka dapat mempelajari dan mengingat hingga 20 lagu yang berbeda, dan mereka sering mencampur dan mencocokkan elemen dari lagu-lagu ini untuk menciptakan lagu baru.

Perilaku dan Habitat

Burung kenari elang adalah burung yang sosial dan biasanya hidup dalam kawanan kecil. Mereka ditemukan di berbagai habitat, termasuk hutan, padang rumput, dan taman. Mereka adalah pemakan biji-bijian dan buah-buahan, dan mereka sering terlihat mencari makan di tanah atau di pohon.

Burung kenari elang adalah burung yang relatif mudah dipelihara, dan mereka dapat menjadi hewan peliharaan yang sangat baik. Mereka membutuhkan kandang yang luas dengan banyak ruang untuk terbang, serta makanan dan air segar setiap hari. Burung kenari elang juga menikmati mandi secara teratur, dan mereka harus disediakan dengan bak mandi kecil yang berisi air bersih.

Varietas

Ada banyak varietas burung kenari elang yang telah dikembangkan melalui pembiakan selektif. Varietas ini berbeda dalam ukuran, warna, dan kualitas nyanyian. Beberapa varietas burung kenari elang yang paling populer meliputi:

  • Burung Kenari Elang Warna (Color Canary): Burung kenari elang ini dibiakkan untuk warna bulunya yang mencolok, yang dapat berkisar dari kuning cerah hingga merah tua.
  • Burung Kenari Elang Nyanyian (Song Canary): Burung kenari elang ini dibiakkan untuk kualitas nyanyiannya yang luar biasa. Mereka memiliki nyanyian yang panjang dan rumit, dengan banyak trill dan getaran.
  • Burung Kenari Elang Postur (Posture Canary): Burung kenari elang ini dibiakkan untuk postur tubuhnya yang unik. Mereka memiliki tubuh yang tegak dan dada yang menonjol, serta bulu yang halus dan berkilau.

Pemeliharaan

Burung kenari elang adalah burung yang relatif mudah dipelihara, tetapi mereka memiliki beberapa kebutuhan khusus. Mereka membutuhkan kandang yang luas dengan banyak ruang untuk terbang, serta makanan dan air segar setiap hari. Burung kenari elang juga menikmati mandi secara teratur, dan mereka harus disediakan dengan bak mandi kecil yang berisi air bersih.

Penting untuk memberikan burung kenari elang dengan makanan yang seimbang dan bergizi. Makanan mereka harus terdiri dari campuran biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Burung kenari elang juga harus diberi suplemen kalsium, seperti kulit telur yang dihancurkan atau tulang sotong.

Burung kenari elang adalah burung yang sosial dan harus dipelihara bersama dengan burung lain dari jenisnya. Mereka juga dapat dipelihara bersama dengan burung kecil lainnya, seperti parkit atau lovebird. Penting untuk memastikan bahwa semua burung dalam kandang cocok dan tidak saling menyakiti.

Kesimpulan

Burung kenari elang adalah burung yang menawan dan memikat yang telah memikat pecinta burung selama berabad-abad. Nyanyian mereka yang merdu, penampilan mereka yang memikat, dan kepribadian mereka yang ramah menjadikan mereka hewan peliharaan yang sangat baik. Dengan perawatan yang tepat, burung kenari elang dapat hidup selama 10-15 tahun, memberikan pemiliknya banyak tahun kenikmatan.