Burung Cendet: Harga Dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Burung Cendet: Harga dan Faktor yang Mempengaruhinya

Burung cendet (Lanius cristatus) adalah salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini dikenal dengan suaranya yang merdu dan kemampuannya dalam menirukan suara burung lain. Selain itu, burung cendet juga memiliki penampilan yang menarik dengan bulu-bulu berwarna hitam dan putih.

Harga burung cendet di pasaran bervariasi, tergantung pada beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • Jenis burung cendet: Ada beberapa jenis burung cendet yang umum ditemukan di Indonesia, antara lain cendet jawa, cendet sumatera, dan cendet kalimantan. Harga burung cendet jawa umumnya lebih mahal dibandingkan dengan harga burung cendet sumatera dan kalimantan.
  • Kualitas burung cendet: Kualitas burung cendet dinilai berdasarkan beberapa kriteria, antara lain suara, penampilan, dan kesehatan. Burung cendet dengan suara yang merdu, penampilan yang menarik, dan kesehatan yang baik akan dihargai lebih mahal.
  • Umur burung cendet: Burung cendet yang masih muda umumnya lebih mahal dibandingkan dengan burung cendet yang sudah tua. Hal ini karena burung cendet yang masih muda memiliki potensi untuk berkembang lebih baik.
  • Kelangkaan burung cendet: Burung cendet yang langka umumnya lebih mahal dibandingkan dengan burung cendet yang umum ditemukan. Hal ini karena burung cendet yang langka memiliki nilai estetika yang lebih tinggi.

Harga Burung Cendet di Pasaran

Harga burung cendet di pasaran bervariasi, tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas. Namun, secara umum, harga burung cendet berkisar antara Rp100.000 hingga Rp10.000.000.

Burung cendet yang masih muda dan memiliki kualitas suara yang baik dapat dihargai hingga Rp10.000.000. Sementara itu, burung cendet yang sudah tua dan memiliki kualitas suara yang kurang baik dapat dihargai hanya sekitar Rp100.000.

Tips Membeli Burung Cendet

Jika Anda tertarik untuk membeli burung cendet, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Tips-tips tersebut antara lain:

  • Pilihlah burung cendet yang sehat. Pastikan burung cendet yang Anda pilih memiliki mata yang cerah, bulu-bulu yang bersih dan mengkilap, serta nafsu makan yang baik.
  • Pilihlah burung cendet yang memiliki suara yang merdu. Dengarkan suara burung cendet sebelum Anda membelinya. Pilihlah burung cendet yang memiliki suara yang merdu dan jelas.
  • Pilihlah burung cendet yang memiliki penampilan yang menarik. Perhatikan penampilan burung cendet sebelum Anda membelinya. Pilihlah burung cendet yang memiliki bulu-bulu yang bersih dan mengkilap, serta postur tubuh yang tegak.
  • Pilihlah burung cendet yang masih muda. Burung cendet yang masih muda umumnya lebih mudah dijinakkan dan dilatih.

Perawatan Burung Cendet

Setelah Anda membeli burung cendet, Anda perlu merawatnya dengan baik agar burung tersebut tetap sehat dan memiliki suara yang merdu. Perawatan burung cendet meliputi:

  • Pemberian pakan: Berikan burung cendet pakan yang berkualitas baik, seperti voer, biji-bijian, dan buah-buahan.
  • Pemberian air minum: Pastikan burung cendet selalu memiliki air minum yang bersih dan segar.
  • Penjemuran: Jemur burung cendet setiap pagi selama sekitar 15-30 menit.
  • Pemberian vitamin dan mineral: Berikan burung cendet vitamin dan mineral secara teratur untuk menjaga kesehatannya.
  • Pengobatan: Jika burung cendet sakit, segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan.

Dengan perawatan yang baik, burung cendet dapat hidup hingga 10 tahun atau lebih.