Bhanwar: Pusaran Air Mematikan Di Sungai Gangga

Bhanwar: Pusaran Air Mematikan di Sungai Gangga

Bhanwar adalah pusaran air yang mematikan yang ditemukan di sungai Gangga di India. Pusaran air ini dapat menarik perahu dan orang ke dalam air, dan seringkali menyebabkan kematian. Bhanwar telah menjadi bagian dari cerita rakyat dan legenda India selama berabad-abad, dan telah menjadi objek penelitian ilmiah selama beberapa dekade.

Sejarah Bhanwar

Bhanwar pertama kali disebutkan dalam catatan sejarah pada abad ke-16. Sejak saat itu, pusaran air ini telah menjadi sumber ketakutan dan daya tarik bagi para pelancong dan penduduk setempat. Pada tahun 1840, seorang insinyur Inggris bernama John McCosh melakukan survei terhadap sungai Gangga dan melaporkan bahwa Bhanwar adalah "pusaran air paling berbahaya di dunia."

Lokasi Bhanwar

Bhanwar terletak di sungai Gangga, sekitar 100 kilometer dari kota Kanpur. Pusaran air ini berada di dekat pertemuan sungai Gangga dan sungai Yamuna. Daerah ini dikenal dengan arus yang kuat dan turbulen, yang membuat Bhanwar semakin berbahaya.

Ukuran dan Bentuk Bhanwar

Bhanwar memiliki diameter sekitar 100 meter dan kedalaman sekitar 20 meter. Pusaran air ini berbentuk seperti corong, dengan bagian atas yang lebih lebar dan bagian bawah yang lebih sempit. Arus di dalam Bhanwar sangat kuat, dan dapat mencapai kecepatan hingga 10 kilometer per jam.

Bahaya Bhanwar

Bhanwar sangat berbahaya bagi perahu dan orang yang berenang di sungai Gangga. Arus yang kuat dapat menarik perahu ke dalam pusaran air, dan orang yang berenang dapat terseret ke dalam air dan tenggelam. Setiap tahun, beberapa orang meninggal karena Bhanwar.

Legenda Bhanwar

Bhanwar telah menjadi bagian dari cerita rakyat dan legenda India selama berabad-abad. Menurut salah satu legenda, Bhanwar diciptakan oleh dewa Siwa sebagai tempat untuk menghukum para pendosa. Legenda lain mengatakan bahwa Bhanwar adalah pintu masuk ke dunia bawah.

Penelitian Ilmiah tentang Bhanwar

Bhanwar telah menjadi objek penelitian ilmiah selama beberapa dekade. Para ilmuwan telah mempelajari arus, kecepatan, dan bentuk Bhanwar untuk mencoba memahami bagaimana pusaran air ini terbentuk dan bagaimana cara menghindarinya. Penelitian ini telah membantu untuk meningkatkan keselamatan di sungai Gangga, tetapi Bhanwar tetap menjadi tempat yang berbahaya.

Upaya untuk Mengendalikan Bhanwar

Pemerintah India telah melakukan beberapa upaya untuk mengendalikan Bhanwar. Pada tahun 1970-an, pemerintah membangun tanggul di sekitar pusaran air untuk mencoba mengalihkan arus. Namun, tanggul ini tidak berhasil dan Bhanwar tetap berbahaya. Pada tahun 2000-an, pemerintah memasang rambu-rambu peringatan di sekitar Bhanwar untuk memperingatkan para pelancong dan penduduk setempat tentang bahayanya.

Bhanwar Saat Ini

Bhanwar masih menjadi tempat yang berbahaya di sungai Gangga. Setiap tahun, beberapa orang meninggal karena pusaran air ini. Namun, upaya pemerintah untuk meningkatkan keselamatan di sungai Gangga telah membantu untuk mengurangi jumlah kematian. Bhanwar tetap menjadi objek penelitian ilmiah dan daya tarik bagi para pelancong dan penduduk setempat.