Burung Pleci Betina: Pesona Dan Keunikannya

Burung Pleci Betina: Pesona dan Keunikannya

Burung pleci (Zosterops palpebrosus) merupakan salah satu jenis burung kecil yang populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan penampilan yang menarik. Pleci jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup jelas, baik dari segi fisik maupun perilaku.

Ciri-ciri Fisik Burung Pleci Betina

Burung pleci betina umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan burung pleci jantan. Panjang tubuhnya sekitar 11-13 cm, dengan berat badan sekitar 10-15 gram. Bulu-bulunya berwarna hijau zaitun di bagian atas dan kuning pucat di bagian bawah. Bulu-bulu di sekitar mata berwarna putih, membentuk lingkaran yang khas. Paruhnya berwarna hitam, sedangkan kakinya berwarna abu-abu.

Perbedaan Perilaku Burung Pleci Jantan dan Betina

Burung pleci jantan dan betina memiliki perbedaan perilaku yang cukup jelas. Burung pleci jantan lebih aktif dan agresif, sedangkan burung pleci betina lebih tenang dan pendiam. Burung pleci jantan juga lebih sering berkicau dibandingkan dengan burung pleci betina.

Perawatan Burung Pleci Betina

Perawatan burung pleci betina tidak jauh berbeda dengan perawatan burung pleci jantan. Burung ini membutuhkan kandang yang cukup luas, dengan ukuran minimal 30x30x40 cm. Kandang harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, tempat minum, dan tempat mandi. Burung pleci betina harus diberi makan berupa voer, biji-bijian, dan buah-buahan.

Penangkaran Burung Pleci Betina

Penangkaran burung pleci betina dapat dilakukan dengan cara mengawinkannya dengan burung pleci jantan. Burung pleci betina akan bertelur sekitar 2-3 butir setiap kali bertelur. Telur-telur tersebut akan dierami oleh burung pleci betina selama sekitar 12-14 hari. Setelah menetas, anak-anak burung pleci akan dirawat oleh kedua induknya hingga mereka dewasa.

Manfaat Memelihara Burung Pleci Betina

Memelihara burung pleci betina memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Sebagai teman yang menghibur. Burung pleci betina memiliki suara kicauan yang merdu dan penampilan yang menarik, sehingga dapat menjadi teman yang menghibur bagi pemiliknya.
  • Sebagai investasi. Burung pleci betina dapat dijadikan sebagai investasi, karena harganya yang cukup tinggi.
  • Sebagai bahan penelitian. Burung pleci betina dapat dijadikan sebagai bahan penelitian untuk mempelajari perilaku burung dan ekologi burung.

Kesimpulan

Burung pleci betina merupakan burung yang cantik dan menarik. Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan penampilan yang menarik. Memelihara burung pleci betina memiliki beberapa manfaat, antara lain sebagai teman yang menghibur, sebagai investasi, dan sebagai bahan penelitian.