Burung Pleci Buxton: Si Kecil Yang Menawan Dari Jawa

Burung Pleci Buxton: Si Kecil yang Menawan dari Jawa

Burung pleci buxtoni (Zosterops buxtoni) adalah burung pengicau kecil yang menawan yang berasal dari Pulau Jawa, Indonesia. Burung ini termasuk dalam famili Zosteropidae, yang juga dikenal sebagai burung kacamata. Pleci buxtoni memiliki panjang tubuh sekitar 10-12 cm dan berat sekitar 10-12 gram.

Ciri-ciri Burung Pleci Buxton

Burung pleci buxtoni memiliki bulu berwarna hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dengan bagian bawah tubuh berwarna kuning cerah. Kepala burung ini berwarna hitam dengan lingkaran putih di sekitar mata, yang membuatnya terlihat seperti memakai kacamata. Paruh burung pleci buxtoni berwarna hitam, dan kakinya berwarna abu-abu.

Habitat dan Persebaran Burung Pleci Buxton

Burung pleci buxtoni ditemukan di hutan hujan tropis dan subtropis di Pulau Jawa. Burung ini biasanya ditemukan di ketinggian 1.000-2.500 meter di atas permukaan laut. Pleci buxtoni juga dapat ditemukan di hutan sekunder dan perkebunan.

Perilaku dan Makanan Burung Pleci Buxton

Burung pleci buxtoni adalah burung yang aktif dan lincah. Burung ini biasanya ditemukan dalam kelompok kecil, dan mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mencari makan. Pleci buxtoni memakan berbagai macam serangga, buah-buahan, dan nektar.

Reproduksi Burung Pleci Buxton

Burung pleci buxtoni berkembang biak sepanjang tahun. Burung ini membangun sarang berbentuk cangkir dari rumput, daun, dan ranting di pohon atau semak-semak. Pleci buxtoni biasanya bertelur 2-3 butir, dan telur-telur tersebut dierami oleh kedua induknya selama sekitar 12-14 hari. Anak-anak burung pleci buxtoni biasanya meninggalkan sarang setelah sekitar 14-16 hari setelah menetas.

Status Konservasi Burung Pleci Buxton

Burung pleci buxtoni saat ini berstatus "Rentan" menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN). Populasi burung ini menurun karena hilangnya habitat dan perburuan. Pleci buxtoni dilindungi oleh hukum di Indonesia, dan perdagangan burung ini dilarang.

Pleci Buxton sebagai Burung Hias

Burung pleci buxtoni merupakan burung hias yang populer di Indonesia. Burung ini dikenal karena suaranya yang merdu dan penampilannya yang menarik. Pleci buxtoni biasanya dipelihara dalam sangkar, dan burung ini dapat hidup hingga 10 tahun atau lebih.

Cara Merawat Burung Pleci Buxton

Merawat burung pleci buxtoni tidaklah sulit. Burung ini membutuhkan sangkar yang cukup besar dengan tempat bertengger yang nyaman. Pleci buxtoni juga membutuhkan makanan yang bervariasi, termasuk serangga, buah-buahan, dan nektar. Burung ini juga perlu diberi air minum yang bersih dan segar setiap hari.

Kesimpulan

Burung pleci buxtoni adalah burung pengicau kecil yang menawan yang berasal dari Pulau Jawa, Indonesia. Burung ini memiliki bulu berwarna hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dengan bagian bawah tubuh berwarna kuning cerah. Pleci buxtoni memiliki lingkaran putih di sekitar mata, yang membuatnya terlihat seperti memakai kacamata. Burung ini biasanya ditemukan di hutan hujan tropis dan subtropis di Pulau Jawa. Pleci buxtoni saat ini berstatus "Rentan" menurut IUCN, dan burung ini dilindungi oleh hukum di Indonesia. Pleci buxtoni merupakan burung hias yang populer di Indonesia, dan burung ini dikenal karena suaranya yang merdu dan penampilannya yang menarik.